Kamis, 20 Oktober 2016

NHW 1 Matrikulasi IIP Sul Sel

Bismillahirrahmànirrahiim..
Alhamdulillah Allah memberikan kesempatan pada saya untuk belajar menjadi ibu professional dengan washilah mengenal IIP SulSel & turut menjadi peserta matrikulasinya. Semoga saya bisa menggali & menyerap ilmu sebanyak-banyaknya yang diberikan para mentor. Serta diberikan kekuatan untuk mengamalkannya. Aamiin.

Berbicara tentang pribadi, kadang susah-susah gampang buat saya. Banyak berseliweran yang ingin dituangkan dalam benak saya, tapi ternyata cukup sulit untuk membuat padanan kata yang pas dan enak dibaca. Alhasil, beginilah tulisan yang bisa saya tuangkan, semoga bisa dipahami :-).


Saya sendiri mempunyai "jargon" yang selalu saya dengungkan disetiap ada kesempatan untuk menuangkannya. Mengajar, Berbisnis & menulis itulah jargon sekaligus impian mungkin ya. Saya ingin bisa ketiganya itu, lebih spesifik lagi semuanya ingin dilakukan dari rumah :-). Apalagi di zaman digital seperti sekarang, Insyaallah semuanya mungkin dilakukan. Keinginan itu sudah ada jauh sebelum menikah. Sampai sekarang mempunyai 2 momongan yang lucu-lucu, keinginan ngajar bisnis dan nulis masih menggebu-gebu.

Tetapi untuk sekarang ini, yang ingin saya belajar lebih dahulu adalah ilmu agar bisa sukses bisnis online yang bisa dikerjakan di rumah. Alhamdulillah, sekarang sudah sedikit memulai jualan online secara otodidak. Sy ingin lebih mendalami lg bisnis online ini untuk bisa lebih mengembangkannya.

Kenapa bisnis online? Karena banyak sekali yang bisa diambil dari pembelajaran online ini. Selain mendapatkan penghasilan sendiri, banyak bisa dipelajari disana, diantaranya bisa belajar mengenali banyak karakter, belajar memanage waktu, belajar memanage uang, belajar mengelola emosi, belajar menulis untuk menarik customer, pun disana bisa mengenali karakter & passion kita sendiri. Banyak sekali ya? Iya memang, kalau semuanya bisa diaplikasikan, hemat saya menulis & mengajar Insyaallah bisa mengikuti dengan mudah. Kalau bisnis onlinenya sudah mumpuni, Insyaallah ketiganya bisa mengikuti. Ya menulisnya ataupun tahap mengajarnya.

Terus apa ya agar bisa sukses bisnis online ini? Hemm.. ini yang saya pikirkan sekarang. Tetapi, biasanya akan bertambah kalau sudah turun ke lapangan. Akan semakin berkembang lagi ide-idenya. Selama ini strategy yang sudah terpikirkan dan beberapa sudah dilakukan adalah pertama - tama sy harus mengikuti komunitas atau group-group bisnis di Facebook atau pun group WA. Ini berguna sebagai tempat sharing permsalahan-permasalahan bisnis ataupun sharing ilmu dari mastah-mastah bisnis online. Selain group sharing bisnis ada juga group jualan, ini juga berguna sebagai tes pasar produk & tentunya bisa mendapatkan pelanggan di sana. Setelah medapatkan semangat & pelanggan dari group, selanjutnya harus belajar ke mastahnya langsung yang biasanya berbayar. Untuk belajar ke mastahnya saya belum sepenuhnya melakukan, terkait dana dan siapa yang bisa diikuti. Masih mencari siapa mastah yang cocok untuk bisa dipelajari ilmunya. Kalau sudah ke mastahnya langsung & ilmunya dipraktekan, Insyaallah kesuksesan di bisnis online bisa dipetik. Kuncinya harus patuh, praktikan ilmunya & konsisten. Sekarang ini sudah beberapa group WA yang saya ikuti, diantaranya group TNB (tips bisnis nulis). Di TNB ini, saya bisa mendapatkan ilmu menulis & bisnis. Dari group ini juga, saya mengincar salahsatu mastah untuk bisa belajar kepadanya. Beliau cocok kriterianya dengan yang saya inginkan, yaitu ahli menulis blog & sekaligus ahli jualan online juga. Beliau sudah mendapatkan pendapatan dari blog pribadinya & website bisnisnya. Sekarang beliau sudah menjadi mentor bisnis & menulis juga. Yang artinya, beliau cocok kriterianya dengan jargon saya. Mengajar, berbisnis & menulis. Wah ini saya banget deh !! Yang harus saya lakukan adalah menghubungi calon mentor saya tersebut. Soon Insyaallah. Masih belum siap ;-).

Selanjutnya, dalam mempelajari ilmu bisnis ini ada beberapa sikap saya yang ingin saya perbaharui, karena ini bisa menghambat "kesuksesan" dalam mempelajarinya. Diantaranya sikap saya yang suka menunda-nunda tugas yang diberikan, suka ada rasa malas yang menggelayuti & kurang konsisten, ditambah 2 balita yang masih menyusui. Waaw agak sulit untuk fokus mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. Ya..saya harus bisa memperbaharuinya.

Ini beberapa kunci menurut saya untuk sukses bisnis online. Semangat ya !! Terimaksih para mentor matrikulasi IIP. Saya banyak merenung untuk menulis ini.

Yuli Yuliani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar